STIPAR TRIATMA JAYA bersama DPD HPI BALI Mengadakan Kursus Sertifikasi Pramuwisata Umum untuk Kedua Kalinya pada Tahun Ini


STIPAR Triatma Jaya kembali mengadakan kursus pramuwisata umum, dengan bekerja sama dengan DPD HPI Bali, dan dibawah pengawasan DISPARDA Provinsi Bali. Kursus ini merupakan kedua kalinya, setelah sebelumnya mengadakan  kursus yang sama. Kursus yang pertama diadakan pada tanggal 1 April 2013 - 20 April 2013, ditujukan bagi pramuwisata yang memiliki KTPP/Licence yang sudah habis masa berlakunya, serta bagi pramuwisata yang memiliki KTPP/licence sementara.

Tujuan kursus pramuwisata umum yang direncanakan terselenggara mulai 30 April 2013 s/d 1 Juni 2013  ini adalah meningkatkan kompetensi dan profesionalisme  pramuwisata serta memberikan kesempatan untuk melegalisasi bagi pramuwisata yang sudah bekerja pada Biro Perjalanan Wisata di Bali namun belum memiliki KTPP/Licence sesuai dengan kebijakan Gubernur Bali, dimana setelah mengikuti kursus pramuwisata umum ini, para peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kursus pramuwisata umum yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan rekomendasi ijin kerja dari DISPARDA Bali.
Pelaksanaan kursus dengan gambaran sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan kursus pramuwisata umum akan dilaksanakan mulai tanggal 30 April s/d 23 Mei 2013, yang dilanjutkan dengan ujian terkait dengan materi kursus dan ujian bahasa, pengumuman kelulusan yang kemudian direncanakan akan dilakukan acara penutupan pada tanggal 1 juni 2013 
  2. Pada kursus pramuwisata umum ini terdapat  37 subjek bahasan/kursus dengan team pengajar yang berasal dari STIPAR Triatma Jaya, DISPARDA Provinsi Bali, DPD HPI Provinsi Bali, Universitas Udayana, Kalangan Praktisi dan PTS terkemuka di Bali,  dimana masing-masing pertemuan dilaksanakan selama 2 jam dengan metode ceramah dan diskusi. Dengan Jumlah pendaftar sebanyak 646 orang, terdapat 2 orang peserta yang ditolak karena tidak memiliki KTP Bali, sehingga peseta kursus saat ini sebanyak 644 orang,  yang terdiri dari 539 peserta pria (83,70%) dan 105 orang peserta wanita (16,30%), yang merupakan gabungan dari divisi Bahasa Indonesia/ Domestik (184 Orang) (28,57%), Bahasa Inggris (126 Oang) (19,57%), Bahasa Mandarin (101 Orang) (15,68%), Bahasa Perancis (80 Orang)(12,42%), Bahasa Korea (61 Orang)(9,47%), Bahasa Belanda (25 Orang)(3,88%), Bahsa Rusia (21 Orang) (3,26%), Bahasa Jepang (21 Orang) (3,26%) , Bahasa Jerman (19 Orang) (2,95%) , dan Bahasa Spanyol (6 Orang) (0,93%) 
  3. Berhubung terbatasnya tempat, maka pelaksanaan kursus dilakukan pada 2 tempat, yakni di STIPAR Triatma Jaya  dan Ksirarnawa (Art Centre, Denpasar), dengan pembagian peserta  180 orang (nomor absen 1 - 180) di STIPAR Triatma Jaya dan 464 orang (nomor absen 181 - 644) di Gedung Ksirarnawa, Art Centre Denpasar 
  4. Pada kursus ini,  diberlakukan aturan antara lain : tingkat kehadiran sebanyak 80% sebagai syarat untuk menempuh ujian, dan nilai ujian minimal 60 sebagai syarat kelulusan. Disamping itu kami juga memperhatikan kedisiplinan, dan sikap (attitude) dari para peserta kursus.
Pembukaan acara kursus pramuwisata umum ini dilakukan oleh Kadisparda Provinsi Bali, Drs. Ida Bagus Kade Subiksu,MM, sekaligus memberikan sambutannya bersama Ketua Yayasan Triatma Surya Jaya Drs. I Ketut Putra Suarthana,MM, Ketua STIPAR Triatma Jaya , Bapak I Ketut Sutapa,SE,MM; Ketua DPD HPI Bali Sang Putu Subaya, SH,MH.

Acara ini merupakan wujud nyata STIPAR Triatma Jaya dalam mewujudkan VISI dan MISInya  yakni "Menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata terdepam di Bali pada tahun 2018 dalam menghasilkan sumber daya manusia pada bidang perhotelan dan pariwisata yang kompeten, kreatif, berjiwa wira usaha, menguasai IPTEK dan berakhlak mulia"


 Gambar 1
Beberapa Panitia Kursus Sertifikasi Pramuwisata Umum 
Kerjasama STIPAR Triatma Jaya dengan DPD HPI Bali
menyempatkan diri berfoto bersama (Yunik,Evi,Herin,Bayu)




Gambar 2
Tata Tertib Peserta

Kedisiplinan dan kehadiran menjadi fokus dalam acara kursus kali ini, hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia pariwisata yang nantinya mampu mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai duta Bali dan Indonesia dalam berinteraksi dengan dunia Internasional. Dalam hal ini, STIPAR Triatma Jaya, DPD HPI Bali dan DISPARDA Provinsi Bali menjalamkan fungsi dengan sebaik-baiknya demi terselenggaranya program kursus yang berkualitas.(*bay)







0 Response to "STIPAR TRIATMA JAYA bersama DPD HPI BALI Mengadakan Kursus Sertifikasi Pramuwisata Umum untuk Kedua Kalinya pada Tahun Ini "

Posting Komentar

Entri Populer

4s Air Kehidupan ajeg bali Akreditasi sebagai syarat sahnya penyelenggaran program studi aksiologis Alas purwo american service Ampera Ancient vilage of Bali appetizer APTISI AWARD APTISI Wil VIII-A Award Aristoteles aromatize wine Art Shop Arti Bali artificial tourism Assurance aturan kerja di kapal pesiar Babi Guling Babi Guling ala Mendek Bagus Agro Plaga balance in my mind balcony BALI Bali fumeral ceremony Bali Natural Hot Spring Toya Bungkah Kintamani Bali bali simle funeral ceremony bali timur wisata Bandara International di Buleleng bayu dan nanoe biroe Bayu Wisnawa be a crew in cruise ship Beachwalk Benteng Kuto Besak bored boring bos and jongos BOSAN Budaya buffet service buku kasir restoran dan bar bunga indah di halaman rumah C'est Moi et Des Amis cabarnet sauvignon Cara membaca label wine cara penyimpanan wine cash sheet chardonay coffee shop community based tourism Community Based Tourism in Bali Contribution Margin convention cruise ship organization structure cruise ship terminology cruise ship terms Dampak Sosial Pengembangan Pariwisata Danau di Bali deck definisi makanan definisi pariwisata alternatif Definisi wine desa baha Desa Belalang desa wisata desa wisata ekologis nyambu kaba kaba tabanan desert Diseminasi Hasil Penelitian 2014 disparda provinsi bali Dog dpd hpi bali Dukungan reklamasi teluk benoa ekowisata di bali elastisitas english service epistemologis eudaimonia menurut Aristoteles exhibition Feminis Liberal fighting my enemy fisiologis kebosanan fleksibel flower at my home formal dining room fortified wine french service front office funeral ceremony in Bali future of balit tourism destination galley Gramsci dan Hegemoni grapes Handling Guest Complain handout kasir restoran dan bar harga kamar hidup di kapal pesiar HOTEL hotel cornwall hotel multi tasking hotel upselling housebank i meme ibm lembu putih In-Depth Interview incentive Industri Pariwisata informal dining room intelektual organik intelektual tradisional istilah istilah kapal pesiar istilah kapal pesiar ISU-ISU PARIWISATA ISU-ISU PARIWISATA BALI ISU-ISU PARIWISATA BALI DAN INDONESIA JAGARAGA DAN SAWAN Jalan Tol Bali Mandara jaminan JENIS JENIS RESTAURANT jenis-jenis peralatan di restaurant Jokowi atau Prabowo yang punya program jelas untuk pariwisata berkelanjutan? KABUPATEN BULELENG-BALI Kabupaten Tabanan kantor depan karakter wine Karakteristik Jasa karya ilmiah KASIR KANTOR DEPAN kasir restaurant dan bar KEADILAN MENURUT PLATO kebosanan kecaman reklamasi teluk benoa Kecamatan Kediri Kedungu Beach kendala menulis karya ilmiah kepuasan tamu kerja di kapal pesiar klasifikasi kelas hotel klasifikasi makanan klasifikasi restoran konsep hotel konsep pariwisata konsep pengembangan pariwisata konvensi Kota Gede 2015 Kuesioner kursus sertifikasi pramuwisata umum Latihan Kasir Kantor Depan latihan kasir kantor depan 2012-2013 Latihan Kasir Restaurant dan Bar Latihan Kasir Restaurant dan Bar 2012-2013 LATIHAN KASIR RESTAURANT DAN BAR OKTOBER 2013 Latihan Metodologi Reset Latihan Pengantar Perhotelan lembu putih lido logiko hipotetiko verifikatif Made Bayu Wisnawa Mai Bus maincourse manajemen perhotelan masa depan Bali masa depan bali sebagai destinasi wisata masa depan destinasi wisata bali meaning of Ngenteg Linggih meeting melukat Menangani Keluhan Tamu Menggalakan Sapta Pesona menggali permata dalam lumpur MENINGKATKAN PENDAPATAN HOTEL DENGAN PROGRAM UP SELLING Menu Engineering MICE minat menginap kembali model pengembangan pariwisata pedesaan multi tasking pada karyawan hotel mv melody my bibliography Nagih Janji Gubernur Bali 2013-2018 nanoe biroe nasi gudeg widjilan Nasi Kalong Nasi Kalong Bandung Ngenteg Linggih Pura Dalem Mendek 2013 nyepi 2014 objek formal pariwisata objek material pariwisata obrolan di warung kopi Ogoh ogoh 2014 Ogoh ogoh 2015 ontologis orchard hotel otonan Outing 2013 Palembang panak manusa pandangan foucault terhadap relasi kekuasaan Pantai Kedungu Pariwiasata Pariwisata Alternatif: Pariwisata Bali Masa Depan (Literature Review) pariwisata bali berkelanjutan Pariwisata Berbasis Rakyat Pariwisata Budaya pariwisata kerakyatan pariwisata pedesaan pariwisata sebagai ilmu mandiri pariwisata sex di bali pas pasta pastikerta pdsp 2013 Pelayanan Pemasaran Pariwisata Bali Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pengelolaan akomodasi di bali pengelolaan hotel di bali pengembangan pariwisata berkelanjutan Pengertian Budaya PENGERTIAN HOTEL Pengertian Hotel dan Restaurant Pengertian Kesenian Pengertian Manajemen Pengertian Obyek dan Daya Tarik Wisata pengertian Pariwisata Pengertian Pariwisata Budaya Pengertian potensi wisata pengertian pramu saji PENGERTIAN RESTAURANT PENGERTIAN RESTORAN Pengertian strategi pengembangan pariwisata pengertian tamu pengertian waiter Pengumpulan Data Penjor Galungan Penjor Galungan 2014 penurunan kualitas lingkungan hidup peralatan restaurant Perbedaan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif Perempuan Bali Perencanaan dan Pengembangan Berkelanjutan pada Obyek dan Daya Tarik Wisata pergeseran paradigma pengelolaan hotel di bali PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PARIWISATA INTERNASIONAL pilkada bali pilkada bali 2013 pilkada bali dan pariwisata pinot noir Plow Horse Posisi Pariwisata di Tengah-tengah Ilmu Pengetahuan Posisioning Bali potensi wisata Potensi wisata pantai Kedungu pramusaji prinsip ekowisata prinsip prinsip ekowisata Prinsip prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan pro kontra pembangunan bandara bertaraf internasional di buleleng Proses pembuatan table wine Proses Penelitian Pulau di Provinsi Bali Pulau Penyu Tanjung Benoa Nusa Dua Bali Indonesia Pulo Kemaro pura nandini Pura Sudamala Bangli pura tirta sudamala Puri Bagus Jati Taro Puzzle Questionaire red wine reklamai teluk benoa reklamasi bali reklamasi teluk benoa remittance of fund restaurant tools RESTORAN revitalisasi bali riesling rose wine russian service sauvignon blanc seaside hotel sejarah pariwisata bali Seminar Nasional Kepariwisataan 2014 Sistem pelayanan di restaurant SLANK SLANK dan Pariwisata Bali soup sparkling wine Star still wine STIPAR STIPAR Tratma Jaya STIPAR Triatma Jaya STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA SANGSIT struktur organisasi kapal pesiar study tour 2013 Suckling Pig Suckling Pig ala Mendek sulitnya menulis karya ilmiah Surat Edaran Dirjen Dikti Kemdikbud No 160/E/AK/2013 sustainabel tourism development SWOT Tahap Pemgembangan Obyek Wisata Tahapan Perencanaan Pariwisata Tana Toraja tantangan pariwisata sebagai ilmu mandiri Tari Bali teluk benoa Tenganan Karang Asem Bali Tenganan Pegringsingan The Kinds of Friendship The real hotelier Thing about balance in my mind Tibu Beneng tingkat hunian kamar Togetherness in Diversity TRI HITA KARANA tugas kasir kantor depan1 tujuan hidup manusia menurut aristoteles Tulisan Separuh Hati UNUD up selling validitas dan reliabilitas waiter Wawancara Mendalam why i choose hotel and tourism Wine dan Makanan Wisata Air Panas Bali