Restoran

Sejarah  dan Pengertian Restaurant

Sejarah Restaurant padatahun 1765 Monsieur Boulanger dari Perancis membuka restaurant sup di kotanya dan bertuliskan “Veniteadme Omnes Qui Stomach Laboratiset Ego Restaurabo Vo”, Yang artinya datanglah anda semua kepada saya bagi anda yang lapar, saya akan memulihkan kondisi anda . Tulisan tersebut mampu menarik perhatian orang yang lewat untuk masuk ke restaurant dan mencicipi sup yang di berikan nama le Restaurant Divin artinya obat yang menyegarkan. Kata restaurant berasal dari Bahasa Perancis, asal katanya dari “restaurer” yang artinya memulihkan kembali.

Gambar 1
Gudeg Jogja di Jalan Wijilan Yogyakarta



Gambar 2
Restoran Gudeg Tradisional
Informal Restoran dan Mengenyangkan





Pengertian Restoran

  1. MenurutAgusNawar, restoran adalah bagian dari suatu hotel yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman untuk para tamu yang menginap di suatu hotel dan untuk kalangan umum.
  2. Menurut SK Mentri Pariwisata dan Komunikasi no. KM73.PW 105/MPPT-85 menjelaskan bahwa, restoran adalah suatu jenis usaha di bidang jasa pangan yang bertempat sebagian atau seluruh bangunan yang permanen di lengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyajian, dan penjualan makanan atau minuman untuk umum.
  3. Menurut Suarthana (2006), restoran adalah tempat usaha yang komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan- hidangan serta minuman di tempat usahanya.
  4. Jadi, Restaurant dapat di artikan suatu tempat atau bangunan dimana para tamu dapat membeli dan menikmat imakanan dan minuman yang di organisir secara komersial dan menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya. Restaurant berada di dalam suatu hotel atau di luar bangunan hotel, kantor, ataupun pabrik.

Tujuan dari operasional  Restoran yaitu untuk mencari keuntungan serta memberi kepuasan  pada tamu, berupa pelayanan makan berikut minumannya. 

KLASIFIKASI RESTAURANT

Menurut Sugiarto dan Sulastiningrum (2001) pada dasarnya Restoran yang berada dalam suatu Hotel dapat di kelompokanmenjadi 3 yaitu :

Formal Dinning Room, Restoran yang terdapat dalam hotel, yang merupakan restaurant high class yang di ciptakan sedemikian eksklusif sehingga tamu-tamu tertentu saja yang dapat menikmati hidangan di restaurant ini. Faktor-faktor yang menyebabkan restaurant ini  terkesan sangat mewah yaitu : (i)peralatan yang mewah, (ii) cara pelayanan yang secara pribadi (private), (iii) harga makanan yang dijual cukup mahal, (iv)biasanya digunakan saat penjamuan makan yang lengkap dan resmi, (v) umumnya proses memasak makanan tertentu di depan tamu, (vi) biasanya menghidangkan full course dinner. 
Contoh formal dinning room, sebagai berikut:  (i) Grill Restoran (rotisserie), yaitu  restaurant untuk steak atau berbagai macam hidangan panggang yang dimana makanan tersebut di bakar menurut selera tamu; (ii) Cabaret atau Supper Club yaitu restoran yang pada umumnya mulai di buka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu- tamu yang ingin santai. Dekorasinya mewah, pelayanannya  megah. Band merupakan kelengkapan yang diperlukan pada saat tamu menikmati hidangannya.
Informal Dinning Room, adalah restaurant yang sifatnya tidak resmi/tidak formal yang dimana pihak hotel menyediakan fasilitas yang di butuhkan oleh restaurant tersebut, factor- factor yang menyebabkan restoran ini  tidak mewah: (i)pelayanannya sederhana,(ii) menampilkan menu yang sederhana, (iii)harganya relative murah dan (iv) restoran yang di buka untuk breakfast, lunch, dinner. Informal Dinning Room dapat di bedakan menjadi :

  1. Coffee Shop/ Brasseries adalah restaurant yang  mengutamakan pelayanan sangat cepat dan dalam suasana tidak resmi (informal). Harga makanan relative murah, biasanya beroperasi 24 jam dan makanan di siapkan Ready on the plate, kadang penyajiannya dilakukan dengancara buffet atau prasmanan.
  2. Pool Snack Bar adalah bar kecil yang terletak di tepi kolam sebuah hotel. Menyediakan minuman, makanan kecil dan makanan lainnya.
  3. Room Service adalah system pelayanan makanan dan minuman pada suatu hotel dimana tamu dapat memesan makanan dan minuman di dalam kamar dan pesanan tersebut akan diantarkan ke dalam kamar.
Specialties Dinning Room, adalah restaurant yang menyediakan makanan atau masakan khusus, masakan khusus tersebut biasanya sudah terkenal secara internasional. Suasana dan dekorasi seluruhnya pada restaurant ini disesuaikan dengan tipe khas makanan yang akan di sajikan, seperti Japanese Restaurant, Chinese Restaurant, dan Italian Restaurant.

Sedangkan menurut Marsum(2000 : 7-11) ada 7 klasifikasi restaurant yaitu :
1.    A’La Carte Restaurant
adalah Restaurant  yang telah mendapatkan ijin pemerintah untuk menjual makanan dan minuman yang lengkap dengan banyak variasi. Dimana konsumen bebas memilih sendiri makanan yang mereka kehendaki dimana jenis makanan memiliki harga tersendiri yang berbeda-beda.
2.        Table D’hotel Restaurant
Adalah suatu Restaurant yang khusus menjual menu Table D’hote, yaitu susunan menu  yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai penutup) dengan menu yang telah ditentukan pula.
3.        Caferiaatau Café
adalah restaurant kecil yang mengutamakanpenjualan cake (kue- kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menyediakan minuman beralkohol.
4.        Inn Tavern
adalah Restaurant dengan harga yang terjangkau yang dikelola oleh perorangan di tepi kota.
5.        Snack Bar atau Milk Bar
adalah Restaurant dengan tempat yang tidak begitu luas yang sifatnya tidak resmi dengan pelayanan yang tepat dimana konsumen membeli makanannya sendiri dan dibawa sendiri ke meja makan.
6.        Speciality Restaurant
adalah restaurant yang suasananya di sesuaikan dengan tipe khas makanan yang di sajikan
7.        Family Type Restaurant
adalah restaurant sederhana yang menghidangkan makanan dengan harga yang relative murah terutama menyediakan makanan dan minuman kepada tamu keluarga ataupun rombongan.
Adapunjenis- jenisRestoran lain di antaranya :
1.      Continental Restaurant
Adalah restoran yang menitikberatkan hidangan continental, pilihan dan pelayanan yang megah, suasananya santai, disediakan bagi tamu yang ingin menikmati makananya secarasantai.
2.      Discotique
Adalah restoran yang pada prinsipnya tempat dansa sambi lmenikmati alunan music. Kadang- kadang menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah Discoutique. Hidangan yang tersedia pada umumnya berupa snack.
3.      Fish and Chip Shop
Adalah restoran dimana kita dapat membeli macam- macam kripik (chips) dan ikan goreng, kemudian di bungkus dalam kertas dan di bawa pergi. Jadi makanan tersebut tidak di makan di tempat tersebut.
4.      Pizzeria
Adalah restoran yang khusus menjual pizza, kadang juga berupa spaghetti serta makanan khas Italian yang lain.
5.      Pancake House/ Creperie
Adalah restoran yang khusus menjual pancake serta crepes yang diisi dengan macam manisan di dalamnya.
6.      Pub
Adalah restoran yang merupakan tempat hiburan yang telah mendapatkan izin untuk menjual beer serta minuman beralkohol lainnya. Para tamu mendapatkan minumannya dari counter, pengunjung dapat menikmati sambil berdiri ataupun duduk di kursi (tempat menikmati minuman). Hidangan yang tersedia berupa snack, pies, dan sandwhich.
7.      Gourment
Adalah restoran yang berkelas, memerlukan suasana yang sangat nyaman, dengan dekorasi yang artistic. Di tujukan bagi mereka yang menuntut standar penyajian yang tinggi, di samping itu makanan juga disajikan minuman wine and liquors.
  
DAFTAR PUSTAKA
  1.  Marsum Widjojo Atmodjo,1993; Restorant dengan segala permasalahannya. Penerbit Andi, Yogyakarta.
  2.  Drs. M.Torsina ,2000; Usaha Restoran Yang Sukses, PT. BuanaIlmuPopuler, Jakarta
  3. I Made Subrata S.pd ; TettyDoranaPurbaS.pd 2014 : Tata Hidangan, DinasPendidikandanOlahragaKabupatenGianyar
  4.  http://madebayu.blogspot.co.id/pengertian-hotel-dasn-restaurant.html

0 Response to "Restoran"

Posting Komentar

Entri Populer

4s Air Kehidupan ajeg bali Akreditasi sebagai syarat sahnya penyelenggaran program studi aksiologis Alas purwo american service Ampera Ancient vilage of Bali appetizer APTISI AWARD APTISI Wil VIII-A Award Aristoteles aromatize wine Art Shop Arti Bali artificial tourism Assurance aturan kerja di kapal pesiar Babi Guling Babi Guling ala Mendek Bagus Agro Plaga balance in my mind balcony BALI Bali fumeral ceremony Bali Natural Hot Spring Toya Bungkah Kintamani Bali bali simle funeral ceremony bali timur wisata Bandara International di Buleleng bayu dan nanoe biroe Bayu Wisnawa be a crew in cruise ship Beachwalk Benteng Kuto Besak bored boring bos and jongos BOSAN Budaya buffet service buku kasir restoran dan bar bunga indah di halaman rumah C'est Moi et Des Amis cabarnet sauvignon Cara membaca label wine cara penyimpanan wine cash sheet chardonay coffee shop community based tourism Community Based Tourism in Bali Contribution Margin convention cruise ship organization structure cruise ship terminology cruise ship terms Dampak Sosial Pengembangan Pariwisata Danau di Bali deck definisi makanan definisi pariwisata alternatif Definisi wine desa baha Desa Belalang desa wisata desa wisata ekologis nyambu kaba kaba tabanan desert Diseminasi Hasil Penelitian 2014 disparda provinsi bali Dog dpd hpi bali Dukungan reklamasi teluk benoa ekowisata di bali elastisitas english service epistemologis eudaimonia menurut Aristoteles exhibition Feminis Liberal fighting my enemy fisiologis kebosanan fleksibel flower at my home formal dining room fortified wine french service front office funeral ceremony in Bali future of balit tourism destination galley Gramsci dan Hegemoni grapes Handling Guest Complain handout kasir restoran dan bar harga kamar hidup di kapal pesiar HOTEL hotel cornwall hotel multi tasking hotel upselling housebank i meme ibm lembu putih In-Depth Interview incentive Industri Pariwisata informal dining room intelektual organik intelektual tradisional istilah istilah kapal pesiar istilah kapal pesiar ISU-ISU PARIWISATA ISU-ISU PARIWISATA BALI ISU-ISU PARIWISATA BALI DAN INDONESIA JAGARAGA DAN SAWAN Jalan Tol Bali Mandara jaminan JENIS JENIS RESTAURANT jenis-jenis peralatan di restaurant Jokowi atau Prabowo yang punya program jelas untuk pariwisata berkelanjutan? KABUPATEN BULELENG-BALI Kabupaten Tabanan kantor depan karakter wine Karakteristik Jasa karya ilmiah KASIR KANTOR DEPAN kasir restaurant dan bar KEADILAN MENURUT PLATO kebosanan kecaman reklamasi teluk benoa Kecamatan Kediri Kedungu Beach kendala menulis karya ilmiah kepuasan tamu kerja di kapal pesiar klasifikasi kelas hotel klasifikasi makanan klasifikasi restoran konsep hotel konsep pariwisata konsep pengembangan pariwisata konvensi Kota Gede 2015 Kuesioner kursus sertifikasi pramuwisata umum Latihan Kasir Kantor Depan latihan kasir kantor depan 2012-2013 Latihan Kasir Restaurant dan Bar Latihan Kasir Restaurant dan Bar 2012-2013 LATIHAN KASIR RESTAURANT DAN BAR OKTOBER 2013 Latihan Metodologi Reset Latihan Pengantar Perhotelan lembu putih lido logiko hipotetiko verifikatif Made Bayu Wisnawa Mai Bus maincourse manajemen perhotelan masa depan Bali masa depan bali sebagai destinasi wisata masa depan destinasi wisata bali meaning of Ngenteg Linggih meeting melukat Menangani Keluhan Tamu Menggalakan Sapta Pesona menggali permata dalam lumpur MENINGKATKAN PENDAPATAN HOTEL DENGAN PROGRAM UP SELLING Menu Engineering MICE minat menginap kembali model pengembangan pariwisata pedesaan multi tasking pada karyawan hotel mv melody my bibliography Nagih Janji Gubernur Bali 2013-2018 nanoe biroe nasi gudeg widjilan Nasi Kalong Nasi Kalong Bandung Ngenteg Linggih Pura Dalem Mendek 2013 nyepi 2014 objek formal pariwisata objek material pariwisata obrolan di warung kopi Ogoh ogoh 2014 Ogoh ogoh 2015 ontologis orchard hotel otonan Outing 2013 Palembang panak manusa pandangan foucault terhadap relasi kekuasaan Pantai Kedungu Pariwiasata Pariwisata Alternatif: Pariwisata Bali Masa Depan (Literature Review) pariwisata bali berkelanjutan Pariwisata Berbasis Rakyat Pariwisata Budaya pariwisata kerakyatan pariwisata pedesaan pariwisata sebagai ilmu mandiri pariwisata sex di bali pas pasta pastikerta pdsp 2013 Pelayanan Pemasaran Pariwisata Bali Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pengelolaan akomodasi di bali pengelolaan hotel di bali pengembangan pariwisata berkelanjutan Pengertian Budaya PENGERTIAN HOTEL Pengertian Hotel dan Restaurant Pengertian Kesenian Pengertian Manajemen Pengertian Obyek dan Daya Tarik Wisata pengertian Pariwisata Pengertian Pariwisata Budaya Pengertian potensi wisata pengertian pramu saji PENGERTIAN RESTAURANT PENGERTIAN RESTORAN Pengertian strategi pengembangan pariwisata pengertian tamu pengertian waiter Pengumpulan Data Penjor Galungan Penjor Galungan 2014 penurunan kualitas lingkungan hidup peralatan restaurant Perbedaan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif Perempuan Bali Perencanaan dan Pengembangan Berkelanjutan pada Obyek dan Daya Tarik Wisata pergeseran paradigma pengelolaan hotel di bali PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PARIWISATA INTERNASIONAL pilkada bali pilkada bali 2013 pilkada bali dan pariwisata pinot noir Plow Horse Posisi Pariwisata di Tengah-tengah Ilmu Pengetahuan Posisioning Bali potensi wisata Potensi wisata pantai Kedungu pramusaji prinsip ekowisata prinsip prinsip ekowisata Prinsip prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan pro kontra pembangunan bandara bertaraf internasional di buleleng Proses pembuatan table wine Proses Penelitian Pulau di Provinsi Bali Pulau Penyu Tanjung Benoa Nusa Dua Bali Indonesia Pulo Kemaro pura nandini Pura Sudamala Bangli pura tirta sudamala Puri Bagus Jati Taro Puzzle Questionaire red wine reklamai teluk benoa reklamasi bali reklamasi teluk benoa remittance of fund restaurant tools RESTORAN revitalisasi bali riesling rose wine russian service sauvignon blanc seaside hotel sejarah pariwisata bali Seminar Nasional Kepariwisataan 2014 Sistem pelayanan di restaurant SLANK SLANK dan Pariwisata Bali soup sparkling wine Star still wine STIPAR STIPAR Tratma Jaya STIPAR Triatma Jaya STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA SANGSIT struktur organisasi kapal pesiar study tour 2013 Suckling Pig Suckling Pig ala Mendek sulitnya menulis karya ilmiah Surat Edaran Dirjen Dikti Kemdikbud No 160/E/AK/2013 sustainabel tourism development SWOT Tahap Pemgembangan Obyek Wisata Tahapan Perencanaan Pariwisata Tana Toraja tantangan pariwisata sebagai ilmu mandiri Tari Bali teluk benoa Tenganan Karang Asem Bali Tenganan Pegringsingan The Kinds of Friendship The real hotelier Thing about balance in my mind Tibu Beneng tingkat hunian kamar Togetherness in Diversity TRI HITA KARANA tugas kasir kantor depan1 tujuan hidup manusia menurut aristoteles Tulisan Separuh Hati UNUD up selling validitas dan reliabilitas waiter Wawancara Mendalam why i choose hotel and tourism Wine dan Makanan Wisata Air Panas Bali