Front Office (Kantor Depan)

Front office berasal dari kata bahasa inggris “front” yang artinya depan, dan “office” artinya kantor. Jadi front office adalah kantor depan. Dalam konteks pengertian hotel, kantor depan merupakan sebuah departemen di hotel yang letaknya di bagian depan. Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel atau lobby. Area ini merupakan tempat yang paling sibuk di hotel. Dengan lokasinya dibagian paling depan maka front office termasuk departemen yang paling mudah dicari dan dilihat oleh tamu. Untuk menyebut frontt office, sebagian hotel menggunakan istilah yang lain, yaitu guest service area (area pelayanan tamu).

Oleh karena itu kepala departemen di sebut front office manager. Sedangkan petugasnya disebut front office agent. Namun demikian istilah front office yang masih sering dipakai baik di industri perhotelan maupun dikalangan edukasi. Sedangkan kata front liner adalah sebutan untuk petugas kantor depan yang langsung berhubungan dengan tamu (direct guest contact) seperti reception, cashier, guest relation officer, doorman, dan bellboy. Sering kali ditemukan istilah front desk yang merupakan sebuah lebih sempit untuk seksi penerimaan tamu. Disebut front desk karena tugasnya di area kantor (desk).

www.madebayu.blogspot.com
Gambar 1. Pantai Pandawa, indah dan berkesan


1.      Reservation clerk
Petugas pemesanan kamar, yaitu petugas oprasional yang menangani seluruh pemesanan kamar hotel. Petugas pemesanan kamar bertanggung jawab atas pemesanan kamar yang masuk ke hotel melalui berbagai macam metode dan dari berbagai macam sumber. Petugas ini memiliki wewenang untuk menerima dan menolak reservasi. Reservasi dapat ditolak apa bila hotel sudah penuh.

2.      Receptionist
Tugas receptionist:
a.       Melayani tamu yang check-in dan check-out sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh managemen.
b.      Menjual kamar kepada tamu
c.       Mengetahui seluruh aktifitas yang sedang berlangsung di hotel.
d.      Membaca log book dan papan pengumuman untuk mengetahui informasi terbaru.
e.       Menyiapkan arrival dan departure list.
f.       Membantu tamu dalam mengisi kartu registrasi.
g.      Memperbarui status kamar pada komputer.
h.      Memberikan informasi yang tepat pada tamu, baik tentang hotel maupun informasi luar hotel.
i.        Membuat laporan status kamar dan laporan penjualan kamar.
j.        Bekerja sama dengan departemen hotel lain.
k.      Menerima dan menyesesaikan keluhan tamu.
l.        Menjaga agar harga kamar khusus tetap akurat.
a.       Mengatasi keluhan tamu.
b.      Menyusun rencana kerja.
c.       Membuat laporan harian dan bulanan.
d.      Membina hubungan baik dengan tamu.

3.      Telephone operator
Petugas pada departemen kantor depan yang bertanggung jawab atas penanganan sambungan telepon, baik yang masuk maupun yang keluar hotel. Tugas-tugas dari telephone operator adalah:
a.       Mengoprasikan switchboard dengan benar.
b.      Melaksanakan sopan santun bertelepon.
c.       Melayani sambungan lokal, interlokal, internasional.
d.      Melayani pengiriman faksimil dari managemen hotel.
e.       Mencatat dan menyampaikan pesanan tamu.
f.       Membuat laporan sambungan telephone interlokal dan internasional.

4.      Front office cashier
Tugas-tugas dari front office cashier adalah:
a.       Menjual kamar.
b.      Menangani informasi tentang pelayanan hotel.
c.       Mengkoordinasikan pelayanan tamu.
d.      Melaporkan status kamar.
e.       Mencatat rekening tamu.
f.       Menyelesaikan pembayaran tamu.
5.      Porter
Tugas-tugas porter adalah:
a.       Memberikan pelayanan dalam penanganan barang bawaan tamu yang baru datang, pindah kamar dan tamu-tamu yang akan meninggalkan hotel.
b.      Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu.
c.       Melaksanakan tugas-tugas suruhan lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu.
d.      Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke stasiun atau bandara udara.

6.      Doorman
a.       Membuka dan menutup pintu kendaraan/mobil/taksi (helping guest in and out taxis/cars)
b.      Menjaga main entrance tetap bersih dan rapi.
c.       Mengatur lalu lintas dan parkir kendaraan di hotel.
d.      Memanggil taxi.
e.       Menaikan dan menurukan bendera. 

1 Response to "Front Office (Kantor Depan)"

  1. Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat ^_^
    Sekedar menambahkan untuk Standard Operating Procedure (SOP) Front Ofiice Hotel menggunakan Software PMS (Property Management System) bisa dilihat di video berikut ini FREE DOWNLOAD Klik Di Sini Semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus

Entri Populer

4s Air Kehidupan ajeg bali Akreditasi sebagai syarat sahnya penyelenggaran program studi aksiologis Alas purwo american service Ampera Ancient vilage of Bali appetizer APTISI AWARD APTISI Wil VIII-A Award Aristoteles aromatize wine Art Shop Arti Bali artificial tourism Assurance aturan kerja di kapal pesiar Babi Guling Babi Guling ala Mendek Bagus Agro Plaga balance in my mind balcony BALI Bali fumeral ceremony Bali Natural Hot Spring Toya Bungkah Kintamani Bali bali simle funeral ceremony bali timur wisata Bandara International di Buleleng bayu dan nanoe biroe Bayu Wisnawa be a crew in cruise ship Beachwalk Benteng Kuto Besak bored boring bos and jongos BOSAN Budaya buffet service buku kasir restoran dan bar bunga indah di halaman rumah C'est Moi et Des Amis cabarnet sauvignon Cara membaca label wine cara penyimpanan wine cash sheet chardonay coffee shop community based tourism Community Based Tourism in Bali Contribution Margin convention cruise ship organization structure cruise ship terminology cruise ship terms Dampak Sosial Pengembangan Pariwisata Danau di Bali deck definisi makanan definisi pariwisata alternatif Definisi wine desa baha Desa Belalang desa wisata desa wisata ekologis nyambu kaba kaba tabanan desert Diseminasi Hasil Penelitian 2014 disparda provinsi bali Dog dpd hpi bali Dukungan reklamasi teluk benoa ekowisata di bali elastisitas english service epistemologis eudaimonia menurut Aristoteles exhibition Feminis Liberal fighting my enemy fisiologis kebosanan fleksibel flower at my home formal dining room fortified wine french service front office funeral ceremony in Bali future of balit tourism destination galley Gramsci dan Hegemoni grapes Handling Guest Complain handout kasir restoran dan bar harga kamar hidup di kapal pesiar HOTEL hotel cornwall hotel multi tasking hotel upselling housebank i meme ibm lembu putih In-Depth Interview incentive Industri Pariwisata informal dining room intelektual organik intelektual tradisional istilah istilah kapal pesiar istilah kapal pesiar ISU-ISU PARIWISATA ISU-ISU PARIWISATA BALI ISU-ISU PARIWISATA BALI DAN INDONESIA JAGARAGA DAN SAWAN Jalan Tol Bali Mandara jaminan JENIS JENIS RESTAURANT jenis-jenis peralatan di restaurant Jokowi atau Prabowo yang punya program jelas untuk pariwisata berkelanjutan? KABUPATEN BULELENG-BALI Kabupaten Tabanan kantor depan karakter wine Karakteristik Jasa karya ilmiah KASIR KANTOR DEPAN kasir restaurant dan bar KEADILAN MENURUT PLATO kebosanan kecaman reklamasi teluk benoa Kecamatan Kediri Kedungu Beach kendala menulis karya ilmiah kepuasan tamu kerja di kapal pesiar klasifikasi kelas hotel klasifikasi makanan klasifikasi restoran konsep hotel konsep pariwisata konsep pengembangan pariwisata konvensi Kota Gede 2015 Kuesioner kursus sertifikasi pramuwisata umum Latihan Kasir Kantor Depan latihan kasir kantor depan 2012-2013 Latihan Kasir Restaurant dan Bar Latihan Kasir Restaurant dan Bar 2012-2013 LATIHAN KASIR RESTAURANT DAN BAR OKTOBER 2013 Latihan Metodologi Reset Latihan Pengantar Perhotelan lembu putih lido logiko hipotetiko verifikatif Made Bayu Wisnawa Mai Bus maincourse manajemen perhotelan masa depan Bali masa depan bali sebagai destinasi wisata masa depan destinasi wisata bali meaning of Ngenteg Linggih meeting melukat Menangani Keluhan Tamu Menggalakan Sapta Pesona menggali permata dalam lumpur MENINGKATKAN PENDAPATAN HOTEL DENGAN PROGRAM UP SELLING Menu Engineering MICE minat menginap kembali model pengembangan pariwisata pedesaan multi tasking pada karyawan hotel mv melody my bibliography Nagih Janji Gubernur Bali 2013-2018 nanoe biroe nasi gudeg widjilan Nasi Kalong Nasi Kalong Bandung Ngenteg Linggih Pura Dalem Mendek 2013 nyepi 2014 objek formal pariwisata objek material pariwisata obrolan di warung kopi Ogoh ogoh 2014 Ogoh ogoh 2015 ontologis orchard hotel otonan Outing 2013 Palembang panak manusa pandangan foucault terhadap relasi kekuasaan Pantai Kedungu Pariwiasata Pariwisata Alternatif: Pariwisata Bali Masa Depan (Literature Review) pariwisata bali berkelanjutan Pariwisata Berbasis Rakyat Pariwisata Budaya pariwisata kerakyatan pariwisata pedesaan pariwisata sebagai ilmu mandiri pariwisata sex di bali pas pasta pastikerta pdsp 2013 Pelayanan Pemasaran Pariwisata Bali Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pengelolaan akomodasi di bali pengelolaan hotel di bali pengembangan pariwisata berkelanjutan Pengertian Budaya PENGERTIAN HOTEL Pengertian Hotel dan Restaurant Pengertian Kesenian Pengertian Manajemen Pengertian Obyek dan Daya Tarik Wisata pengertian Pariwisata Pengertian Pariwisata Budaya Pengertian potensi wisata pengertian pramu saji PENGERTIAN RESTAURANT PENGERTIAN RESTORAN Pengertian strategi pengembangan pariwisata pengertian tamu pengertian waiter Pengumpulan Data Penjor Galungan Penjor Galungan 2014 penurunan kualitas lingkungan hidup peralatan restaurant Perbedaan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif Perempuan Bali Perencanaan dan Pengembangan Berkelanjutan pada Obyek dan Daya Tarik Wisata pergeseran paradigma pengelolaan hotel di bali PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PARIWISATA INTERNASIONAL pilkada bali pilkada bali 2013 pilkada bali dan pariwisata pinot noir Plow Horse Posisi Pariwisata di Tengah-tengah Ilmu Pengetahuan Posisioning Bali potensi wisata Potensi wisata pantai Kedungu pramusaji prinsip ekowisata prinsip prinsip ekowisata Prinsip prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan pro kontra pembangunan bandara bertaraf internasional di buleleng Proses pembuatan table wine Proses Penelitian Pulau di Provinsi Bali Pulau Penyu Tanjung Benoa Nusa Dua Bali Indonesia Pulo Kemaro pura nandini Pura Sudamala Bangli pura tirta sudamala Puri Bagus Jati Taro Puzzle Questionaire red wine reklamai teluk benoa reklamasi bali reklamasi teluk benoa remittance of fund restaurant tools RESTORAN revitalisasi bali riesling rose wine russian service sauvignon blanc seaside hotel sejarah pariwisata bali Seminar Nasional Kepariwisataan 2014 Sistem pelayanan di restaurant SLANK SLANK dan Pariwisata Bali soup sparkling wine Star still wine STIPAR STIPAR Tratma Jaya STIPAR Triatma Jaya STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA SANGSIT struktur organisasi kapal pesiar study tour 2013 Suckling Pig Suckling Pig ala Mendek sulitnya menulis karya ilmiah Surat Edaran Dirjen Dikti Kemdikbud No 160/E/AK/2013 sustainabel tourism development SWOT Tahap Pemgembangan Obyek Wisata Tahapan Perencanaan Pariwisata Tana Toraja tantangan pariwisata sebagai ilmu mandiri Tari Bali teluk benoa Tenganan Karang Asem Bali Tenganan Pegringsingan The Kinds of Friendship The real hotelier Thing about balance in my mind Tibu Beneng tingkat hunian kamar Togetherness in Diversity TRI HITA KARANA tugas kasir kantor depan1 tujuan hidup manusia menurut aristoteles Tulisan Separuh Hati UNUD up selling validitas dan reliabilitas waiter Wawancara Mendalam why i choose hotel and tourism Wine dan Makanan Wisata Air Panas Bali